Senin, 20 September 2010

Penumpukan Kayu

BAB 3
Penumpukan Kayu
Jika seorang lelaki dijuluki penyapu jalanan maka ia harus menyapu jalanan layaknya Michelangelo melukis di atas kanvas, atau Beethoven saat menggubah musik, atau Shakespeare saat menulis puisi. Ia harus menyapu jalanan dengan sempurna sehingga seluruh penghuni langit dan bumi berhenti sejenak untuk mengucapkan, “Di sinilah hidup seorang penyapu jalanan besar yang melaksanakan tugasnya dengan baik.”
   Martin Luther King, Jr.




Stacking dan penempatan stick yang tidak memadai seringkali menjadi sebuah sumber degradasi paling besar dalam sebuah operasi pengeringan. Untuk memahami kenapa, kita harus memvisualisasikan apa yang terjadi pada kayu selama proses pengeringan.

Kayu yang dikeringkan dengan menggunakan sistem pengeringan suhu tinggi akan melewati sebuah tahapan yang dikenal dengan istilah tahap “plastic” selama periode panas tinggi dan kelembaban saat pemanasan. Kondisi tersebut hampir sama dengan sebuah metode yang digunakan oleh para pembuat lemari kayu untuk membuat lengkungan kayu khusus yang akan digunakan untuk komponen kursi atau meja. Sebagai sebuah contoh, ini merupakan cara seorang perajin membentuk lengkungan dari sebatang kayu lurus hingga menjadi sebuah komponen lengkung untuk kursi goyang: untuk membentuk lengan kursi goyang, si perajin memilih kayu kering yang berserat lurus dan mengolahnya dengan mesin hingga menjadi bentuk cross-section (potongan) yang diinginkan. Kemudian ia menempatkannya didalam ruang steam selama kurang lebih satu jam hingga kayu menjadi elastis. Setelah kayu tersebut dikeluarkan dari ruangan panas dan lembab tersebut, kemudian ia membengkokkan dan memasang clamps (penahan agar kayu tidak bergerak) yang nantinya akan menentukan bentuk akhir kayu tersebut. Saat lengan tersebut didinginkan, ia kemudian melepaskan clamps dan mengerjakannya menjadi sebuah komponen lengan kursi. Bentuk lengan kayu tersebut tidak akan berubah.

Gambar 3.1. Kualitas dan penempatan stick yang buruk membuat kayu mengalami degradasi.

Proses yang sama terjadi dalam oven suhu tinggi pada skala besar. Sticker yang hilang atau salah pasang dan yang ukurannya berbeda tidak dapat menopang kayu secara datar. Kayu akan melengkung sesuai dengan tekanan yang ia terima dan jika tidak ditopang maka kayu tersebut akan semakin parah lengkungannya. Saat mengering maka distorsi yang terlanjur terjadi akan permanen.

Koreksi metode stacking yang buruk cenderung mudah, namun hal ini harus dilakukan secara terus-menerus. Jangan pernah lengah. Di sanalah Anda akan menemukan harta karun. Jika karyawan Anda telah terbiasa menjalankan tugas stacking dengan baik maka stacking yang bagus secara otomatis akan selalu Anda dapatkan. Saat melatih orang-orang baru, jelaskan mengapa dan bagaimana mereka harus membuat stacking sesempurna mungkin sesuai dengan yang dipersyaratkan dalam metode ini. Bawa mereka ke bagian penyimpanan sampah pengovenan yang terdiri dari hasil oven gagal yang disebabkan oleh kesalahan dalam penanganan sticker. Kebanyakan orang menginginkan melakukan pekerjaan secara bagus dan tentu mereka akan melakukannya secara sempurna jika mereka memahami bahwa apa yang mereka tangani merupakan hal penting.

Bahan Stick

            Tersedia ragam stick dalam jumlah yang luar biasa banyaknya. Yang mana yang paling ekonomis untuk operasional Anda tergantung tidak hanya pada factor harga pembelian di mukanya tapi juga pada factor-faktor yang mempengaruhi daya tahan stick tersebut. Apakah besarnya variasi ketebalan kayu akan membuat kayu berdistorsi atau patah? Apakah Anda menangani kayu stacking dengan menggunakan sistem pemindahan atau dengan menggunakan forklift? Apakah penanganan kayu dan perlengkapan penyimpanan menyebabkan stick patah? Semua factor di atas dan masih banyak lagi yang lainnya sangat mempengaruhi biaya actual stick. Tentukan stick terbaik untuk kinerja Anda dengan cara menguji berbagai jenis sticker.



Gambar 3.2. Susunan kayu yang jaraknya melompat-lompat di atas kayu yang tersusun rapi yang disebabkan oleh kesalahan penempatan stick.



Perkirakan biaya stick actual dengan cara membagi biaya stick dengan jumlah waktu rata-rata pemakaiannya dalam oven. Hal ini paling baik dilakukan dengan cara memberi kode warna pada ujung unit stick baru dan selalu mengawasinya selama proses berlangsung. Setelah masing-masing keluar dari oven, hitunglah jumlahnya. Jika tinggal separo, maka Anda akan mengetahui daya tahan rata-rata stick Anda dalam sebuah muatan. Cibalah Anda berfikir dengan cara ini, stick murah yang tidak tahan lama akan membutuhkan biaya yang lebih mahal dari yang Anda pikirkan. Saat menjalankan pengujian tersebut, cobalah menentukan penyebab mengapa stick Anda patah. Apakah hal ini disebabkan rendahnya kualitas stick tersebut ataukah Anda sendiri yang membuat kesalahan yang akhirnya memperpendek usia stick tersebut? Kayu yang salah dalam pengolahannya, beberapa ukuran panjang yang disusun dalam sebuah unit tumpukan, penanganan stick yang buruk, dan banyak factor lain sangat mempengaruhi daya tahan stick. Masing-masing kekurangan tersebut dapat diperbaiki. Tersedia bermacam stick seperti yang tersebut dibawah ini:
Kayu Keras Lokal baik yang dibeli maupun yang diproduksi sendiri

Stock layu keras memiliki kualitas yang baik kecuali jika jenis ini dikeringkan dengan menggunakan oven hingga tingkat kelembaban 10% sebelum sizing. Yang saya lihat, stick yang digunakan untuk stacking tahap awal kesemuanya dalam keadaan green/ basah. Kayu akan mengerut saat kering, dan menyusut pada ukuran yang berbeda tergantung beberapa factor semisal jenis kayu, tingkat kelembaban basahnya, dan orientasi lingkaran tahunnya. Menambahkan ukuran dimensi kayu green dan ketebalan akhir stick keringdalam hal ini tidaklah biasa. Variasi tersebut akan mendistorsi kayu yang ditopangnya. Ketahanan aktual stick kayu keras ini tergantung grade kayu bahan stick yang digunakan. Variasi serat disekitar mata kayu akan memper[endek usia stick. Stick yang terbuat dari kayu keras kering yang memiliki serat lurus dan bersih mata harganya sangatlah mahal karena kualitasnya sama dengan kayu grade atas.


Gambar 3.3. Stacking yang buruk. Unit ini lapisan atasnya terancam ambruk.

Gambar 3.4. Stick kayu keras yang belum dibongkar dari unit asli sesuai dengan yang dikirimkan dari supplier hingga stick-stick tersebut mengalami degradasi dan berjamur. Segera tempatkan stick kayu keras basah/ green kedalam oven untuk mencegah terjadinya degradasi.
Tetap saja, banyak mills yang melanjutkan penggunaan stick kayu keras basah dan hal ini disebabkan karena harga stick jenis ini lebih murah. Pada kenyataannya, biaya keseluruhan yang dibutuhkan untuk operasional jika menggunakan stick jenis tersebut sangatlah tinggi menimbang kerusakan kayu yang disebabkannya dan karena stick ini daya tahannya jelek sehingga harus selalu diganti.

Jika Anda memaksa menggunakan stick kayu basah ini, awasi seketat mungkin. Adakan inspeksi terhadap masing-masing muatan untuk meyakinkan keseragamannya dan tolak muatan yang tidak ditopang oleh stick yang memadai. Segera masukkan kedalam sistem pengolahan untuk menurunkan tingkat kelembabannya. Ingat, kayu tersebut merupakan kayu basah/ green dan sangat rentan terhadap jamur mould dan degradasi. Saya seringkali melihat banyak mills yang menyimpan stick ini selama berbulan-bulan sebelum memasukkannya kedalam sistem pengolahan sehingga degradasi akhirnya membuat stick tersebut tidak lagi tahan lama saat digunakan untuk menopang muatan.
Kayu Pinus yang diproduksi sendiri atau dibeli

Stick pinus biasanya diproduksi di mills dari stock kering yang khusus digrade di bagian planer. Graders lebih memilih ukuran bersih 2 x 8s dan yang lebih lebar yang ekonomis dan tidak mudah rusak. Sticks dipotong dengan menggunakan gergaji gang rip dan cutoff. Kayu berdimensi no 1 yang berkualitas tinggi sangat bagus jika tingkat kebutuhan naik dan pasar sedang slow. Keseluruhan stick ini berserat lurus dan hanya memiliki sedikit mata yang dapat mengurangi daya tahannya. Jenis ini merupakan bahan stick yang bagus meskipun Snda mungkin menengarai sebuah tendensi mereka akan menipis saat digunakan. Jangan pernah membuat stick dari grade umum no 2 atau yang lebih rendah dari itu karena mata kayu dan serat yang saling-silang akan menyebabkannya mudah patah. Saat Anda mempertimbangkan biaya bahan dan oengolahan awal maka stick-stick jenis ini dapat menjadi cukup mahal harganya.
Stick yang terbuat dari Limbah Phenol atau Plastik

Terkadang Anda akan menjumpai penggunaan stick yang berbahan dasar limbah phenol atau plastik di daerah Selatan, meskipun jarang. Saya tidak pernah mengetahui penggunaan stick jenis ini dalam skala besar. Untuk tujuan-tujuan tertentu mereka juga menggunakan produk-produk yang berbahan dasar petroleum untuk pengolahannya; dari daur ulang sisa atau patahan stick. Terdapat satu kecenderungan bahwa plastik mudah patah jika dipajan terus-menerus dibawah suhu tinggi. Sebuah stick yang patah dibeli perusahaan sebesar 25 persen dari harga aslinya dan stick ini kemudian didaur ulang.
Stick Alumunium

Paling sedikit sebuah mill di Selatan telah membuat sebuah percobaan dengan menggunakan stick alumunium yang dibentuk sedemikian rupa. Stick jenis ini menunjukkan gambaran investasi yang menggembirakan andai saja ia tidak mudah melengkung. Sekali melengkung, tamatlah riwayatnya. Satu-satunya harapan dari stick jenis ini adalah bahwa semua stick yang melengkung dapat didaur ulang. Selain itu, stick jenis ini sangat panas jika dipegang tanpa didinginkan terlebih dahulu. Semakin lama sisi stick ini akan menajam sehingga menggores penopang sticklayer.
Stick Baja Silinder

Salah satu kembangan dari stick alumunium ini tampaknya digemari oleh beberapa mills. Stick jenis ini juga melengkung saat digunakan menopang muatan, namun lebih mudah digunakan. Stick-stick yang patah disambung dengan menggunakan las dan dipotong sesuai ukuran yang dibutuhkan. Biaya awal dan perbaikan yang dibutuhkan untuk stick jenis ini membuatnya kurang popular. Dan juga, setelah beberapa kali pengelasan dan pemotongan stick jenis ini tidak lagi lurus dan tidak dapat menopang muatan secara sempurna.


Stick Plywood

Stick plywood menjadi lebih umum karena berbagai jenis tanaman ini dapat divariasikan menjadi berbagai model stick. Secara umum, stick jenis ini sangat bagus. Terdapat dua jenis utama. Jenis yang pertama memiliki lapisan mendatar yang alurnya melebar. Jenis tersebut sangat bagus jika digunakan dalam oven bersuhu tinggi. Stick plywood yang lebih baru memiliki lapisan pang berada pada sisi sempitnya, memunculkan alur lem pada sisi lebarnya. Stick ini lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan jenis yang pertama. Semuanya memiliki ukuran seragam dan telah kering saat dibeli. Jenis-jenis tersebut tidak gampang berubah dan tahan terhadap distorsi dibandingkan dengan kayu solid. Saya pernah mendengar komplain terhadap jenis ini yang menyatakan bahwa lapisan yang ada mudah lepas dan terpisah, namun hal ini dapat dengan mudah diperbaiki oleh pabriknya.
Stick Apitong

Stick kayu keras impor ini cocok untuk mill yang sering mengalami kerugian stick karena mill ini selalu memuat kayu yang berbeda ukuran dalam satu muatan oven. Stick jenis ini sangat tahan lama dan tahan dibawah kondisi yang cukup parah. Jenis ini memiliki ukuran yang seragam dan sulit berubah bentuk. Mills negara-negara barat telah menggunakan stick jenis ini selama bertahun-tahun dengan hasil yang bagus. Meskipun biayanya lebih mahal jika dibandingkan dengan stick local namun daya tahannya mencapai dua hingga tiga kali lipat dari stick local. Biasanya jenis ini bertahan, sejak penggunaannya, selama dua atau tiga bulan. Catatan: Apitong merupakan sebuah jenis kayu keras yang sangat padat, sehingga membuatnya sedikit lebih berat dari jenis lain. Anda mungkin akan mendengar keluh kesah sebagian penata letak stick yang telah terbiasa dengan stick yang bobotnya ringan.
Stick OSB (Riented Strand Board Sticks)

Pada kunjungan akhir-akhir ini saya diperkenalkan dengan jenis stick baru ini, yang sengaja dibeli untuk bahan percobaan. Stick ini ukurannya seragam dan fleksibel. Sampai saat ini belum terdapat data-data tambahan selain yang diberikan oleh pabriknya.

Ukuran Sticker


Ketebalan

Tebal merupakan dimensi paling penting pada stick karena inilah yang menentukan penentuan jarak pada masing-masing lapisan. Ketebalan stick harus seragam agar dapat menopang kayu secara merata dan agar tidak menyebabkan degradasi. Harus ada aliran udara bebas, karena factor inilah yang menjadi alasan utama dilakukan pemasangan stick pada tumpukan kayu. Mills yang memproduksi stick mereka sendiri harus selalu mengontrol prosesnya guna meyakinkan kualitas stick yang akan dihasilkan. Stick yang dibeli dari luar harus diperiksa dari cacat semisal retak dan jika ukurannya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, jangan gunakan. Kualitas seringkali menjadi factor penentu.

Pergunakan stick dengan ukuran tertipis namun memiliki daya tahan yang tinggi dan kualitas pengeringan yang baik pula. Untuk setiap pengurangan tebal stick sebesar 1/8 inchi Anda akan memperoleh tambahan kapasitas oven rata-rata sebesar 5 %. Hati-hati: keuntungan yang disebabkan oleh kenaikan kapasitas oven dapat dengan mudah berkurang oleh kerusakan sticker yang akhirnya meningkatkan degradasi kayu, memanjangkan waktu pengeringan, dan memperluas distribusi lembab.

Kebanyakan mills menggunakan sticks yang berukuran ¾ inchi atau 7/8 inchi dan bertahan lama asalkan mereka memiliki kontrol yang baik terhadap ukuran kayu yang ditumpuk. Penelitian menunjukkan bahwa meskipun saya menggunakan stick yang berukuran 7/8 inchi namun tidak menyebabkan pengaruh yang berarti terhadap waktu pengeringan. Sangat menarik untuk dicatat bahwa saat Anda mengurangi ketebalan stick dalam sebagian oven maka kecepatan aliran udara akan meningkat. Bagaimanapun juga, karena stick yang lebih tipis menaikkan volume total kayu, keuntungan dari waktu pengeringan seringkali terkalahkan oleh kerugian yang disebabkan oleh peningkatan penggunaan panas. Jika sistem kipas Anda telah bekerja mendekati kapasitas maksimum tekanan udara statis, maka aliran udara tetap tidak akan meningkat.

Terdapat sedikit mills yang menggunakan stick berukuran 1 1/8 inchi hingga 1 ¼ inchi. Mereka mengalami banyak kerugian pada pengurangan kapasitas oven. Mereka melakukan hal ini untuk memperpanjang usia stick dan memperbaiki aliran udara yang disebabkan oleh kontrol terhadap ukuran kayu yang buruk. Yang lain menggunakan oven yang memiliki kapasitas panas marjinal dan berusaha memperbaiki kecepatan pengeringan dan kualitas kayu. Mills yang mengeringkan sejumlah besar kayu mendapatkan keuntungan dari keawetan sticker yang lebih tebal. Jika sitem kipas Anda tidak memadai, maka stick yang lebih tebal ini akan memberikan tingkat pengeringan yang lebih seragam pada keseluruhan muatan oven.

Penelitian-penelitian yang dilakukan di negara bagian Oregon menunjukkan bahwa ketebalan stick yang berukuran 7/16 inchi sangat praktis digunakan untuk oven konvensional2.  Paling tidak terdapat satu penelitian terhadap mill yang membandingkan penggunaan sticker berukuran 5/8 inchi dan ¾ inchi yang digunakan dalam oven bersuhu tinggi. Stick yang berukuran 5/8 inchi tidak berfungsi dengan baik. Perhatian saya terhadap stick yang lebih tipis berdasarkan pertanyaan seberapa lamakah mereka dapat bertahan jika digunakan dalam sistem. Jenis tersebut tidak memiliki toleransi terhadap tumpukan kayu yang memiliki ketebalan beragam.
Lebar

Stick harus cukup lebar guna meyakinkan bahwa pekerja yang menata layer stick akan mengenali perbedaan antara lebar dan ketebalan pada tingkat stacking normal. Lebar paling umum adalah satu setengah inchi. Stick kotak dapat digunakan jika ukurannya adalah 1 1/8 hingga 1 ¼ inchi dan hindari pemakaian ukuran yang lebih kecil karena hal ini akan mengurngi daya tahan stick. Sebagian mesin peletak stick hanya akan bekerja dengan benar jika stick yang dipakai berukuran 2 ½ inchi hingga 3 ½ inchi. Ukuran tersebut mungkin bagus untuk kinerja mesin namun buruk untuk hasil pengeringan. Hal ini akan menimbulkan spot basah dibawah sticker. Jangan membeli mesin peletak stick yang berfungsi untuk ukuran tersebut di atas.
Panjang

Stick harus cukup panjang agar dapat mengkover seluruh panjang muatan/ tumpukan dan panjang stick harus sedikit melebihi panjang tumpukan. Jangan gunakan stick yang lebih pendek dari lebar tumpukan. Papan yang tidak tersangga di bagian tepi akan runtuh, menutup ruang udara, atau akan mengalami distorsi saat itu juga. Jika Anda secara tidak sengaja menggunakan stick pendek dan terpaksa melanjutkan proses maka dorong stick pertama menjauh, tarik yang kedua mendekat, dorong stick ketiga menjauh, dsb. Meskipun papan tidak sepenuhnya tertopang, paling tidak mereka tidak jatuh dan menghalangi sirkulasi udara.
Keseragaman

Olah stick hingga memiliki dimensi yang seragam untuk menghasilkan topangan yang rata. Hal ini seringkali menjadi satu masalah jika stick yang digunakan merupakan kayu keras atau kayu pinus yang dibeli dari luar. Waspadalah dan selalu periksa tiap muatan stick yang dibeli. Tolak bundle stick yang ketebalannya berbeda-beda, atau yang memiliki mata dan hati. Stick dapat menjadi cukup mahal sebelum ditambah biaya tambahan terhadap stick yang patah sebelum pemakaian, atau ditambah variasi tebalnya yang dapat menyebabkan kayu Anda mengalami distorsi. Untuk alasan terakhir, jangan pernah mencampur stick yang ukurannya berbeda dalam sebuah sistem yang sama.

Lebar Tumpukan


            Dalam kaitannya dengan kecepatan pengeringan dan distribusi lembab yang menyempit sepanjang lebar unit, maka disarankan agar lebar tumpukan maksimum adalah sekitar 8 feet. Lebar stacking/ tumpukan 6 dan 7 feet juga  sesuai. Bagaimanapun juga, ini akan mengurangi jumlah kayu yang dapat Anda tempatkan kedalam oven. Jika Anda menumpuk ukuran lebar yang sempit dan butuh kapasitas tambahan oven maka pertimbangkan untuk membuat tumpukan yang lebarnya 8 feet. Namun tetap ingat bahwa Anda mungkin harus memperbaiki sistem panas dan/ atau sistem aliran udara agar tidak mengalami pemuluran waktu pengeringan. Masih saja, hal ini mungkin akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membangun oven baru.

Saya telah melihat beberapa oven yang didesain khusus untuk menangani lebar tumpukan 9 ½ hingga 10 feet. Kebanyakan dibangun berdasarkan pengaruh dari pantai barat. Hindari hal ini dalam oven pengolah pinus selatan yang menggunakan suhu tinggi. Kecuali jika oven jenis ini memiliki aliran udara yang cukup untuk mengatasi suhu panas yang besar yang melewati kayu maka variasi lembab sepanjang unit akan menjadi besar dan waktu pengeringan semakin lama. Tendensi ini dapat diatasi hingga pada titik tertentu dengan menggunakan stick yang lebih tebal namun hal ini akan mengurangi kapasitas oven.


Gambar 3.5. Stick pendek menyebabkan papan yang berada di tepi tumpukan runtuh dan akhirnya menutup bukaan sticker.
            Mills yang melakukan transisi dari pengeringan dengan menggunakan udara terbuka dan beralih kepada pengeringan dengan menggunakan oven seringkali mempertahankan tumpukan sempitnya yang lebarnya hanya berkisar 4 hingga 5 feet dan menempatkan dua buah bundle secara berjejer pada sebuah truck. Sebagai sebuah transisi, hal ini dapat diterima, namun mulailah membuat rencana untuk merubahnya menjadi sebuah unit tunggal yang lebih lebar. Saat dua buah bundle ditempatkan secara berjjar diatas sebuah truck maka deretan stick tidak selalu rata. Jika tumpukan terlalu dekat, maka kayu Anda akan mengalami spot basah.


Gambar 3.6. Perbaikan jangka pendek untuk masalah pada Gambar 3.5. Dorong atau tarik stick ke sisi guna mendukung kayu pada sisi panjangnya.

Beri jarak antar unit sepanjang 2 hingga 3 inchi guna memungkinkan aliran udara bersirkulasi dari tumpukan satu ke tumpukan selanjutnya. Metode penumpukan ini juga akan menghasilkan dua kali lipat unit yang meningkatkan biaya penanganan. Penanganan tambahan justru akan memperbesar kemungkinan terjadinya kerusakan dan degradasi pada kayu.


Gambar 3.7. Berbagai masalah yang dihadapi stick. Dari kiri ke kanan;  stick melengkung ke sisi, stick patah, stick yang ujungnya mengecil, stick yang terlalu tebal, stick bagus, stick tipis, stick tebal.

 

Gambar 3.8. Sebuah mill yang tidak memiliki kepedulian menyingkirkan stick jelek dari stacker. Hal ini rentan terhadap kebakaran dan resiko keselamatan.

 

Penempatan Stick

            Saya tidak dapat terlalu menekankan pentingnya penempatan stick yang tepat. Biaya keseluruhan yang disebabkan oleh karyawan peletak stick yang kurang berpengalaman dan tidak terlatih akan lebih tinggi daripada nilai upah mereka. Hal tersebut berhubungan dengan penurunan kualitas kayu yang Anda keringkan. Selalu sediakan waktu briefing untuk menunjukkan kepada peletak stick tersebut bahwa pekerjaan yang mereka tangani sangatlah penting; tidak cukup hanya dengan pemberitahuan saja. Bawalah mereka ke penyimpanan stick di belakang oven dan tunjukkan distorsi yang disebabkan oleh kesalahan peletakan stick.
Kualitas Stick

Mempertahankan kualitas stick merupakan sebuah usaha yang berkesinambungan. Rotasi yang terjadi dalam oven dan peralatan penanganan menyebabkan stick retak dan patah dan seringkali merusak papan yang mereka sangga. Ganti stick yang berpotensi rusak dengan stick yang bagus.

Kebanyakan mills mensortir stick di stacker, mengandalkan kinerja peletak stick untuk menggantikan stick yang rusak tersebut. Tingkat kecepatan penumpukan yang tinggi membuat usaha ini sangat sulit dilakukan karena waktu interval rotasi terlalu pendek. Jika Anda benar-benar menggantungkan penggantian stick pada para peletak stick maka sebaiknya Anda menyiapkan metode khusus untuk ini. Banyak mills yang begitu saja menempatkan penampungan stick rusak ini didekat stacker. Yang lain mengangkutnya ke pojokan terdekat. Yang paling buruk adalah sebagian melemparkannya begitu saja ke tanah sebelum diangkut di lain waktu. Hal ini akan memicu kebakaran dan kondisi kerja yang membahayakan. Sistem terbaik yang telah saya lihat adalah dengan cara memindahkan sticker di planing mills. Saat stick tidak lagi berguna, seseorang memeriksanya dan kemudian membuangnya ke tempat sampah. Ia dapat meletakkannya ke alat pengangkut dan membawanya ke bagian trimsaw. Sebagian mills memotongnya kedalam ukuran yang lebih pendek untuk digunakan sebagai penyekat pada unit-unit kayu yang telah selesai diolah. Hal ini merupakan pilihan yang sangat praktis untuk operasional yang membundel sticker untuk dikirimkan kembali ke stacker.

Stick yang ukurannya seragam tidak akan menyebabkan degradasi. Cobalah untuk menjaga selisish ketebalan stick satu dengan yang lainnya sebesar 1/8. Selisih yang terlalu besar akan menyebabkan permukaan kayu yang ditopang tidak rata yang akan memicu degradasi. Pelanggan Anda tidak akan menyukai hal ini. Sortir stick yang terlalu tebal atau tipis.

Gambar 3.9. Pemilahan stick pada planing mill. Stick jelek dilempar ke sabuk  pengangkut di sebelah kanan dan dibawa ke tempat trimming.

Gambar 3.10. Culling dan trimming terhadap stick jelek yang ditujukan untuk menggunakannya kembali sebagai spacers/ pembatas pada unit kayu yang telah jadi.

Gambar 3.11. Menata stick pendek berjajar ke sepanjang sisi lebar muatan. Ingat bahwa hal ini merupakan patokan sementara karena penataan seperti ini akan memperlambat kerja stacker/ penumpuk. Perhatikan penyeimbangannya.



Singkirkan stick patah meskipun panjangnya sepadan dengan panjang muatan unit Anda. Biaya penggantian stick tersebut akan lebih murah jika dibandingkan dengan akerugian yang akan mereka hasilkan jika digunakan dalam pengeringan. Papan yang sisi tepinya tidak ditopang sewaktu-waktu akan mengalami distorsi. Papan akan runtuh dan menutupi ruang sticker. Aliran udara yang berkurang akan memperlebar distribusi lembab. Jika Anda mengombinasikan stick, maka tempatkanlah stick bersebelahan guna saling dukung sepanjang sisi lebar muatan. Anggaplah hal ini sebagai patokan sementara jika terjadi penyumbatan aliran udara yang disebabkan oleh kesalahan penempatan stick. 

Gambar 3.12. Penyeimbangan stick yang bagus pada sisi yang jauh dari sticklayer.
            Stick yang melengkung ke sisi menhambat aliran udara dan menghasilkan titik-titik basah dan kering berlebih pada kayu Anda. Pada sisi luar stick yang melengkung tersebut, udara bergerak semakin cepat dan hal ini disebabkan oleh penyempitan sehingga pengeringan akan lebih cepat. Pada sisi dalam lengkungan terciptalah ruang udara mati yang akan memperlambat pengeringan. Perbedaan tingkat kelembaban sepanjang sisi panjang papan akan menyebabkan masalah kualitas bagi para pembeli yang akan menggunakan kayu tersebut sebagai bahan furniture atau laminated beam.
Penempatan Stick
Letakkan stick secara lurus, seragam pada sisi panjang unit, dan berilah jarak pada center 2 feet. Sebagian mills membuat tumpukan pada center 4 feet atau menumpuk dari dasar hanya berkisar 10 sehingga menghasilkan track center 2 feet, sebagai penyeimbang pada center 4 feet. Mereka mengklaim bahwa studi-studi mereka tidak mengindikasikan degradasi tambahan pada sistem ini. Satu hal yang pasti: Perataan stick menjadi lebih sulit jika stick yang digunakan hanya sedikit. Saya cenderung menyarankan sistem konservatif untuk hal ini, dan merkomendasikan center 2 feet untuk penunjang stick dan truck. Selalu gunakan pemandu stick yang akan meratakan dengan penopang truck oven Anda. Buatlah skala gambar untuk menentukan posisi stick secara akurat. Hal ini juga akan memungkinkan Anda untuk dapat menentukan pengaturan jarak peralatan lainnya yang dipengaruhi oleh penjarakkan stick.

Panduan penataan stick yang bagus seringkali tidak bertahan lama. Yang terbaik memandu dari ruang di kedua sisi muatan hingga ke tempat para pekerja meletakkan stick-stick yang mereka tangani. Bagi para stacker panduan yang berada pada sisi yang jauh secara mekanis tidak masuk akal. Sebagai alternatifnya, gunakan gergaji untuk menandai lokasi stick. Penggunaan laser dan garis bayangan juga berfungsi dengan baik, namun hati-hatilah jika menggunakan garis bayangan. Suhu tinggi yang dihasilkan sinar pembuat bayangan akan dapat mengakibatkan kebakaran jika tempat yang terkena pajanan sinar tersebut tidak dibersihkan dari sisa-sisa limbah kayu yang mudah terbakar.

Gambar 3.13 Sisi stick yang berada di sebelah peletak stick menggambarkan tendensi akan meruntuhkan bagian ujung tumpukan yang ditopangnya.
            Peletak stick mekanis menjadi lebih umum. Cermatlah saat ingin membelinya. Carilah peralatan yang kuat namun simpel. Peralatan yang memiliki banyak perlengkapan kecil akan sulit menghasilkan kinerja yang maksimal. Yang paling baik adalah yang benar-benar mampu menempatkan stick pada posisi yang tepat ketimbang menjatuhkannya secara asal-asalan. Semua jenis alat tersebut membutuhkan stick yang memiliki kualitas nagus namun sebagian dari mesin tersebut kesulitan menempatkan stick dengan benar secara konsisten. Masalah paling umum yang pernah saya lihat adalah bahwa mesin ini menghilangkan banyak stick dan seringkali menempatkan stick pada bagian tepi tumpukan kayu dan kedua kesalahan tersebut menyebabkan degradasi. Kaji secara mendalam dan berhati-hatilah agar unit mesin yang Anda beli tidak akan membuat Anda merugi. Kunjungilah mills yang menjalankan/ menggunakan peralatan jenis ini dan lihatlah cara kerja mereka. Berjalanlah ke lahan penyimpanan stick rusak dan lihatlah  seberapa banyak stick yang dirusakkan oleh mesin ini. Sebagai langkah akhir, tanyalah manajer mills yang bersangkutan tentang apakah setelah pemasangan mesin ini kayu yang diolah mengalami tambahan degradasi. Mesin yang bagus biasanya akan meningkatkan grade kayu yang Anda olah.

Letakkan stick saling tumpuk dari atas hingga ke dasar untuk topangan yang berkesinambungan. Stick yang tidak selaras akan membuat kayu bengkok/ melengkung dan hal ini biasanya diketahui saat dipasah di planing mill. Cek perataan stick dengan menggunakan cat semprot untuk membuat garis yang menghubungkan masing-masing ujung stick dengan pangkalnya dalam sebuah unit. Unit yang ditumpuk dengan baik akan menghasilkan garis lurus. Metode ini akan membantu para peletak stick yang ingin melakukan perbaikan posisi. Cat sisi-sisi unit tumpukan dan buatlah agar ini dapat dengan mudah terlihat oleh para sticklayers. Anda tidak usah terlalu banyak penjelasan, lambat-laun mereka akan menanyakan kepada Anda tentang apa yang Anda lakukan. Jawablah bahwa Anda sedang memeriksa perataan stick dan tunjukkan dampak dari peletakan stick yang buruk. Anda akan terkesan dengan perbaikan yang nantinya mereka lakukan.

Hal ini merupakan cara paling efektif jika Anda berhadapan dengan para peletak stick yang kemampuan belajarnya lamban. Seorang peletak stick yang secara terang-terangan Anda bandingkan dengan sejawatnya cenderung keras kepala tidak mau memperbaiki kinerjanya. Tekanan tajam mungkin menjadi pemicu yang kuat. Namun tetap saja, masih banyak karyawan yang tidak mau berubah. Dokumentasi foto untuk periode tertentu harus menjadi landasan untuk melakukan pemecatan atau pemberlakuan pensiun. Anda tidak dapat mempertahankan orang-orang yang tidak dapat bekerja dengan baik ini dalam perusahaan Anda. Catatan akhir: “Hubungkan stick” pada kedua sisi unit dan bandingkan keduanya. Sticklayers seringkali meletakkan stick pada ruang yang jauh dan secara sembarangan menjatuhkan begitu saja ujungnya. Lihat stick yang tidak rata pada sisi bagian mereka.

Gambar 3.14. Mengecat ujung stick merupakan sebuah metode bagus untuk mengevaluasi kinerja para sticklayers/ peletak stick. Pekerja yang menyusun stick pada bagian kiri butuh panduan (karena tidak menyusun stick dengan rata).
Jangan memutar stick yang berada pada sisi samping. Hal ini menyebabkan distorsi serius pada kayu. Jika Anda banyak menjumpai hal ini maka berarti bahwa Anda menyusun tumpukan terlalu cepat. Sticklayers yang terlalu terburu-buru tidak akan sempat memperhatikan detil. Terkadang, para peletak stick tersebut memilih memutar stick pada bagian sisi tumpukan atau menumpuk stick secara dobel pada salah satu ujungya guna menjaga kerataan permukaan kayu. Carilah satu atau dua buah penyebabnya. Yang pertama, apakah Anda menggergaji kayu menjadi lebih tipis? Saat laipasan meningkat, salah satu ujungnya akan lebih tinggi dibandingkan dengan ujung lainnya. Stacker tidak akan beroperasi dengan baik kecuali jika kayu telah rata permukaannya. Para peletak stick mengakalinya dengan cara mendobel stick pada ujung bagian bawah tumpukan, dan biasanya tanpa mengjonfirmasikannya terlebih dahulu dengan supervisornya. Terkadang, stacker sendiri tidak rata atau kehilangan kerataannya saat dimuat. Saya sering melihat hal ini pada stacker yang kabel-kabelnya hanya diganti pada slaah satu ujungnya saja. Perbedaan renggangan antara dua buah set kabel akan meningkat saat muatan bertambah.

Gambar 3.15. Stick secara tidak sengaja diletakkan pada bagian tepi. Saat kering, lapisan ini akan membentuk sedikit bow pada ujungnya.
Idealnya, kita menginginkan lapisan kayu yang solid sepanjang sisi lebar unit dengan masing-masing tepi yang rata guna memperoleh hasil pengeringan yang terbaik. Ukuran lebar kayu yang bervariasi akan sangat menyulitkan pencapaian keadaan di atas. Lapisan yang lebarnya penuh biasanya akan membutuhkan lebih banyak papan. Di sini kita harus sedikit berkompromi guna mencapai tujuan kita. Buat para sticklayers menarik papan pada sisi samping hingga ke luar untuk membentuk sisi yang rata. Hal ini akan memperbaiki keseragaman aliran udara diantara lapisan. Bagaimanapun juga, dengan menarik papan ke sisi tepi akan meninggalkan celah pada posisi sebelumnya, hal ini membentuk semacam lobang angin. Selalu terdapat celah selebar 2 x 10s. papan-papan yang berada di bagian tepi ini, yang lapisan tengahnya tidak lengkap, akan lebih kering dan rentan terhadap distorsi. Hilangkan lobang angin tersebut dan kurangi tingkat kekeringan kayu dengan cara menarik kembali sebuah papan dari lapisan pertama, dua papan pada lapisan kedua, satu papan pada lapisan ketiga, dsb. Sehingga lapisan dapat tersusun dengan rapi.

Waspadalah jika Anda membiarkan stick menonjol keluar tumpukan. Sudut operasional mills yang meningkat dalam planing mill akan menimbulkan kerusakan stick yang serius kecuali jika mereka memindahkan stick yang menonjol tersebut ke sisi luar. Ujung-ujung stick yang menjuntai akan mudah terpotong.

Gambar 3.16. Penumpukan yang serampangan akan menghasilkan sisi-sisi unit yang tidak rata. Sisi-sisi yang tidak rata tersebut mempengaruhi keseragaman aliran udara antar lapisan saat sisi ini berada berdekatan dengan ruang plenum.
Gambar 3.17. Teknik stacking/ penumpukan yang bagus. Ini akan membantu mempertahankan keseragaman aliran udara.
Gambar 3.18. Sebuah mesin unstacker harus memperlakukan stick dan kayu dengan lembut.

Perawatan dan Penyimpanan Stick

            Terdapat dua buah metode umum untuk memindahkan dan menyimpan stick dari planing mill ke stacker. Kebanyakan operasional pemindahan dilakukan dalam sistem closed loop, mengangkut stick langsung dari unstacker ke stacker. Banyak sistem ini yang menggunakan metode rake-off (memisahkan stick) yang memperlakukan kayu dan stick dengan lembut. Tingkat patahan stick rendah. Stick-stick tersebut tidak menggunung di atas lantai. Memilha stick baru dengan sistem ini sangat sulit kecuali provisi pada bagian ini dirancang sesuai dengan instalasi aslinya.

Kebanyakan operasional forklift menggunakan metode unstacking tilt hoist (dengan mengangkat salah satu ujung benda). Mereka membundel stick atau mengumpulkannya dalam rak-rak kayu untuk kembali dikirimkan ke stacker. Saat menaikkan hoist/ katrol pengangkat maka ujung-ujung stick akan patah. Saat mereka dimasukkan kedalam pengangkut, stick yang telah melemah akan patah. Jika memilih mengumpulkannya kedalam rak atau membundelnya guna ditangani dengan menggunakan forklift, tetap saja akan terjadi banyak patahan stick. Jika menyimpan stick dalam bentuk bundle yang saling tumpuk maka Anda akan menuai kerugian di sini. Stick merupakan investasi yang signifikan bagi semua mills. Anda harus melatih personel untuk merawat investasi ini. Tumpuk dan bundle stick secara hati-hati. Simpan bundle pada posisi tidak menyentuh lantai dan jangan menumpuknya dengan bundle lainnya. Untuk penyimpanan jangka panjang, tempatkanlah stick tersebut di temapt kering yang terlindungi dari panas dan hujan.

Salah seorang teman dari Calorina Utara menawarkan saran bijak ini kepada para supervisor stacker: “ Cukuplah peduli terhadap peletakan stick Anda untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik, baik hari ini maupun setiap hari. Tak lama lagi, Anda akan melihat hasil akhirnya.”


Gambar 3.19. Penyimpanan stick yang buruk. Meskipun menggunakan kontainer merupakan ide bagus namun loading yang buruk akan memperpendek usia stick Anda.

Gambar 3.20. Penggunaan rak stick yang memadai.

Gambar 3.21. Sebuah metode pembundelan stick di unstacker yang dapat mengurangi patah pada stick dan memungkinkan pem-bundle-an stick untuk dikembalikan ke bagian stacker.

Gambar 3.22. Cara Anda menangani bundle stick memiliki dampak yang signifikan pada keawetan stick Anda. Simpan stick agar tidak menyentuh lantai, setinggi satu bundle saja. Stick-stick baru harus segera diolah dengan oven terlebih dahulu guna mengurangi degradasi.

Gambar 3.23. Tujuan kita: sebuah unit yang tersusun dengan sempurna. Unit ini ditumpuk disesuaikan dengan sistem transfer/ pemindahan.

Gambar 3.24. Unit yang tersusun dengan baik untuk operasional forklift. Sulit dipercayai bahwa unit ini disusun dengan tangan. Ketepatannya membuat banyak pihak cemburu. Jika pengemudi forklift ingin menempatkan crossout pada tiap lokasi stick maka saya sama sekali tidak melihat kesalahan pada foto di atas.   

Bab Panduan untuk Mengurangi Variabilitas dalam Pengeringan
  1. Latihlah para peletak stick Anda dengan cara menunjukkan kepada mereka efek peletakan stick yang buruk terhadap kayu.
  2. Tentukan stick yang paling ekonomis untuk proses Anda dengan cara membandingkan keawetan hingga harga awal pembeliannya.
  3. Gunakan stick yang berimensi tebal ¾ inchi hingga 7/8 inchi dengan lebar 1 ½ unchi. Kayu mungkin akan membutuhkan stick yang lebih tebal guna memperpanjang usia pemakaian mereka.
  4. Stick harus memiliki ukuran panjang penuh yang dapat mengkover lebar unit tumpukan.
  5. Singkirkan stick yang tebal, tipis, melengkung, dan patah dari sistem Anda.
  6. Sejajarkan/ ratakan stick Anda dari ujung bawah hingga ujung atas tumpukan guna mendapatkan topangan yang sempurna.
  7. Letakkan stick pada center 2 feet guna menyelaraskannya dengan penopang truck.
  8. Jika stick mulai terpilin pada sisi tepi atau dobel, maka cari tahu kenapa dan perbaiki segera.
  9. Karena para sticklayers menyusun tiap lapisan maka mereka harus menarik papan bagian tepi kearah mereka untuk membentuk satu paket tumpukan yang bersisi kotak.
  10. Akhirnya, rawatlah stick Anda dari unstacker hingga stacker untuk lebih membuatnya awet dan tahan lama.

REFERENSI

  1. Denig, Joseph, Stephen J. Hanover, dan C. Arthur Hart. Kiln Drying Shouthern Yellow Pine Lumber. The North Carolina Agricultural Service. Publication No. AG-402, 1988.
  2. Horton, Robert K., dan Helmuth Resch. “Kiln Stick Thickness Effect on Drying 2-inch Western Hemlock Lumber.” Forest Products Jourbal 26, No. 3 (1976): 35-40.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar